Makanan Pengganti Sayur yang Kaya Serat, Yuk Cobain!

Bagi Anda yang tidak suka makan sayur, sangat perlu mengetahui makanan pengganti sayur yang kaya akan serat. Memenuhi kebutuhan serat harian sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Serat merupakan zat yang dapat membantu kinerja sistem pencernaan menjadi lebih baik.

Fungsi gerak peristaltik usus akan menjadi lebih cepat, sehingga memudahkan usus untuk mendorong feses. Kondisi ini dapat melancarkan buang air besar. 

Selain itu, serat dapat menstabilkan kadar gula dalam darah, tekanan darah, kolesterol tinggi, dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Tidak hanya itu serat juga dapat mencegah peradangan di dalam tubuh. Sayuran merupakan salah satu sumber utama serat.

Namun, tidak semua orang menyukai sayuran karena rasa sayuran yang cenderung hambar bahkan pahit. Selain itu, serat yang tinggi pada sayuran juga menyebabkan sayur relatif lebih sulit untuk dikunyah, biasanya orang tua akan kesulitan untuk mengunyah sayuran sehingga memilih untuk menghindari memakan sayuran.

Makanan Pengganti Sayur yang Kaya Serat untuk si Anti Sayur 

Berikut beberapa makanan pengganti sayur yang dapat Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat harian, antara lain :

1. Jamur

Jamur juga bisa Anda jadikan sebagai makanan alternatif pengganti sayur. Jamur memiliki tekstur yang lebih kenyal, dan rasa yang mirip dengan daging. Hal tersebut menjadikan jamur menjadi alternatif pengganti daging pada orang-orang yang vegetarian.

Hal tersebut karena rasa dan aroma jamur lebih menggugah selera dibandingkan sayuran biasa. Anda bisa mengonsumsi jamur kancing, jamur kuping, jamur es, jamur shitake sebagai makanan berserat tinggi pengganti sayur.

2. Wakame

Wakame merupakan rumput laut berserat tinggi yang berasal dari negara Jepang. Wakame memiliki tekstur yang lebih kenyal dan memiliki rasa yang lebih nikmat dibandingkan rumput laut biasa.

Makanan ini sangat cocok untuk di konsumsi oleh orang-orang yang kurang suka sayur. Wakame bisa Anda olah dengan kaldu atau saus Jepang agar lebih nikmat. Atau juga bisa Anda santap dengan mie ayam sebagai pengganti sayur. 

Baca Juga : Susah BAB? Ini Cara Aman Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil

3. Konnyaku

Bagi Anda penggemar kuliner Jepang, Anda pasti tidak asing dengan Konnyaku. Makanan Jepang ini memiliki kandungan pati dan serat yang cukup tinggi karena terbuat dari bubuk umbi konjac.

Makanan ini juga bisa disajikan menjadi jeli dan mi shirataki sehingga menggugah selera. Di balik rasanya yang nikmat, Konnyaku juga cocok digunakan sebagai makanan diet karena tidak memiliki kalori.

4. Suplemen yang mengandung serat tinggi

Cara mengganti buah dan sayur kini sangat praktis, yaitu bisa mengkonsumsi suplemen pengganti sayur yang kaya akan serat. Saat ini banyak pilihan suplemen yang mengandung ekstrak sayuran yang tinggi nutrisi dan serat. Namun, perlu diperhatikan proses ekstraksi pada umumnya menggunakan proses yang menggunakan pemanasan. Pemanasan ini dapat menyebabkan serat dan nutrisi dalam 

Vege-Fruit Blend, Suplemen Pengganti Sayur yang Aman dan Praktis

makanan dan suplemen pengganti sayur vege-fruit blend

Anda bisa mendapatkan kandungan serat tinggi dengan mengkonsumsi Vege-Fruit. Apa itu Vege-Fruit? Untuk mengenalnya lebih jauh, perhatikan ulasan berikut ini. 

1. Sekilas tentang Vege-Fruit

Vege-Fruit merupakan kombinasi dua suplemen yaitu Vegeblend for Adult dan Fruit 18 for Adult. Suplemen ini memiliki formulasi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh seperti vitamin, mineral serta serat tinggi. 

Vege-Fruit blend suplemen pengganti buah dan sayur yang terbuat dari ekstrak dan serat alami buah dan sayur sehingga memiliki manfaat yang sama dengan buah dan sayuran. Buah dan sayuran tersebut di ekstrak dengan metode freeze drying. Metode ini mampu untuk membuat ekstrak bertahan lama tanpa mengalami proses pemanasan sehingga kandungan nutrisi dalam buah dan sayuran utuh dan tidak rusak tanpa menggunakan pengawet. Hal inilah yang menjadikan Vege-Fruit layak dikonsumsi sebagai suplemen terbaik pengganti buah dan sayur. 

Vege Fruit Blend juga sudah terjamin keamanan dan kualitasnya dalam memenuhi kebutuhan nutrisi sayur dan buah. Semua orang dapat mengkonsumsi suplemen ini baik mereka yang sulit BAB, lansia, remaja, orang sakit, hingga orang sehat.

2. Kandungan bahan Vege-Fruit

Berikut kandungan bahan yang terdapat di dalam Vege-Fruit.

  • setiap kapsul Vegeblend for Adult, mengandung ekstrak buah dan serat sayur sebesar 450mg. Kandungan serat sayur tersebut berasal dari serat alami tunas gandum, kacang polong, bit, dan wortel. Sedangkan kandungan ekstrak sayuran alami berasal dari bayam, bit, tomat, asparagus, brokoli, alfalfa, barley hijau, kubis bruset, wortel, kale, lada, kol hijau, ketimun, bawang merah, peterseli, kacang polong, lobak china, dan lobak.
  • setiap kapsul Fruit 18 for Adult memiliki kandungan ekstrak buah dan serat buah alami sebesar 450 mg. Ekstrak buah alami tersebut berasal dari buah jeruk, apel, limau, pisang, raspberry, ceri, persik, mangga, pir, pepaya, apricot, strawberry, bilberry, peach, nanas, tangerim, dan anggur.
  • Vege-Fruit mengandung 5mg probiotik, yang terdiri dari bifidobacterium longum dan lactobacillus acidophilus.
  • Vege-Fruit juga mengandung 20mg bioaktif enzim tumbuhan, seperti enzim pada buah nanas (enzim bromelain), dan enzim pada buah pepaya (enzim papain).
  • Vege-Fruit memiliki kandungan vitamin C sebesar 60 mg, dan memiliki kandungan mineral seperti kalsium karbonat sebesar 62.5mg, chromium sebesar 25mcg, bentonite clay dan silicon dioxide sebesar 5 mg.
  • Vege-Fruit juga mengandung kandungan ekstrak campuran tumbuhan sebesar 75 mg. Kandungan tersebut berasal dari teh hijau, daun peppermint, umbi turmeric, dan kacang cola.

3. Manfaat Vege-Fruit

Berikut manfaat Vege-Fruit untuk kesehatan.

  • Mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dan serat yang dibutuhkan tubuh. 
  • Dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti buah dan sayur untuk orang-orang yang kurang menyukai buah dan sayur agar kebutuhan serat dan nutrisi tubuh terpenuhi.
  • Serat dalam Vege-Fruit dapat menstabilkan kadar gula dalam darah sehingga dapat mencegah diabetes.
  • Serat dalam Vege-Fruit dapat menstabilkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida tinggi sehingga dapat mencegah penyakit kolesterol.
  • Serat dalam Vege-Fruit dapat menstabilkan tekanan darah tinggi sehingga terhindar dari penyakit hipertensi, stroke dan jantung.
  • Meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.
  • Meningkatkan kualitas sistem pencernaan makanan dalam mencerna makanan sehingga melancarkan BAB.
  • Mempercepat proses penyembuhan setelah sakit.
  • Dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan serat pada masa kehamilan

4. Cara penyajian dan aturan konsumsi Vege-Fruit.

Vege-Fruit dapat Anda konsumsi sebanyak 1-2 x 1 kapsul setiap harinya secara rutin untuk memenuhi kebutuhan serat dan nutrisi tubuh. Anda bisa mengkonsumsi Vege-Fruit sebelum atau sesudah makan.

Demikian ulasan lengkap mengenai Vege-Fruit. Jangan lupa selalu konsumsi Vege-Fruit bila Anda tidak suka sayur agar kebutuhan nutrisi dan serat Anda terpenuhi. Anda juga bisa mengombinasikan dengan makanan pengganti sayur seperti di atas, agar tubuh Anda selalu bugar dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×